Blokir STNK Mobil

Cara Blokir STNK Mobil Sudah Terjual Tak Kena Pajak Progresif

Berita Terbaru Otomotif

Cara Blokir STNK Mobil Sudah Terjual Tak Kena Pajak Progresif | Menjual mobil lama seringkali jadi solusi saat kamu hendak ganti mobil dengan yang lebih baru atau yang lebih mahal. Tapi tidak boleh lupa, sesudah mobil lama anda terjual masih ada urusan yang mesti dilakukan, yaitu menutup nomor mobil lama tersebut.

Blokir STNK Mobil
Blokir STNK Mobil Tak Kena Pajak

Tujuannya guna menghindari anda terkena pajak progresif karena andai mobil lama itu masih memakai nama kamu, maka otomatis mobil yang baru nanti bakal menjadi mobil kedua yang anda miliki.

Dengan begitu, nilai pajak kendaraan yang mesti anda bayar bakal jadi lebih mahal. Pajak kendaraan memang dideteksi memakai nama dan alamat yang sama, atau pada empunya yang namanya masih tercatat dalam satu KK (Kartu Keluarga) dan mempunyai kendaraan roda tidak cukup dari empat, roda empat, maupun lebih dari empat. Oleh sebab itu, anda wajib menutup nomor mobil lama yang telah terjual agar tidak kena pajak progresif ini.

Akan Tetap Terkena Pajak Progresif Walapun Tidak Mengetahuinya

Biasanya masalah baru bakal disadari oleh empunya mobil saat mereka mesti menunaikan pajak yang lebih mahal. Kalau telah begitu anda mau beralasan bahwa anda tidak memahami atau tidak paham dengan ketentuan tersebut juga tidak bakal pengaruh. Karena anda tetap akan diharuskan membayar pajak kendaraan yang telah terkena progresif terlebih dahulu, baru di tahun depannya kamu dapat mendapat nilai pajak yang normal. situs Poker Online

Baca juga : Membeli Mobil Bekas Online

Nah, sebenarnya teknik melakukan blokir STNK Mobil atau nomor kendaraan tersebut mudah lho. Kamu tidak butuh repot-repot datang ke kantor pajak atau Samsat, karena dapat dengan mendatangi situs pajakonline.jakarta.go.id dan menyiapkan sejumlah dokumen sebagai berikut untuk di upload melewati situs tersebut.

Adapun dokumen yang diperlukan antara beda yaitu:

  1. Foto copy KTP empunya kendaraan
  2. Surat kuasa bermaterai serta Foto copy KTP yang dikuasakan
  3. Foto copy Surat/ Akta penyerahan/ Bukti pembayaran
  4. Foto copy STNK/ BPKB (Jika ada)
  5. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  6. Mengisi surat pengakuan yang bisa di akses pada website bprd.jakarta.go.id.

Setelah berhasil dengan mengupload dan memenuhi persyaratan yang diperlukan tersebut, tahapan selanjutnya ialah menunggu hasil verifikasi yang dilaksanakan oleh Samsat.

Jika hendak lebih cepat tentunya anda perlu datang ke kantor Samsat terdekat dengan lumayan membawa potret copy KTP anda dengan materai Rp 6.000 saja. Di kantor Samsat ada eksemplar isian yang mesti anda isi yang merangkum data-data mengenai kendaraan tersebut. situs Poker Online

Setelah berlalu tinggal serahkan untuk petugas, kemudian akan diperiksa melalui sistem mereka. Dan saat data-datanya telah valid dan sesuai, maka blokir langsung sukses saat tersebut juga. Nantinya anda akan mendapat tanda terima dari blokir STNK Mobil kendaraan itu sebagai bukti. Mudah kan?

Setelah anda tahu teknik mem blokir STNK Mobil, tidak boleh sampai anda malah ketipu dengan penjaja mobil yang menyerahkan STNK palsu ya. Ingin tahu bagaimana teknik untuk mengecek kemurnian dari STNK mobil.

Blokir Stnk Mobil
Mobil188

Membeli mobil bekas berkualitas tidak lumayan hanya dinilai dari tampilan mobil dan situasi mesin prima saja. Kita sebagai konsumen mesti pula memeriksa kelengkapan dan kemurnian dokumen kendaraan, yakni BPKB dan STNK. Anda mesti tambahan hati-hati dan pastikan dokumen-dokumen itu asli, sebab kini sedang marak beredar dokumen-dokumen BPKB dan STNK palsu saat membeli mobil bekas. Inilah yang berbahaya. Salah-salah bukannya mempunyai mobil baru, tapi meningkatkan masalah baru. Kebanyakan semua pencuri atau penjaja kendaraan bodong memakai dokumen palsu guna menggaet konsumen. Karena itu, urgen untuk tahu dokumen pribumi mobil.

Baca juga : Mobil Bekas Murah Mulai 30jt-an Yang Berkualitas 

Kami di mobil88 menjamin bila mobil bekas yang diperdagangkan mempunyai dokumen asli. Bagi memberi pencerahan untuk Anda, simak teknik ini dengan singkat.

Cara Cek BPKB dan STNK Asli

  • Sebelum mengerjakan transaksi pembayaran beli mobil bekas, mohon terlebih dahulu untuk penjual kelengkapan dokumennya. Bila tidak dapat disiapkan dalam satu hari, tunggulah sampai seluruh dokumen-dokumen kendaraan dapat dilihat. Biasanya, penjaja profesional tak perlu waktu lama guna memberi keterbukaan informasi untuk pembelinya. Adapun dokumen-dokumen tersebut ialah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor kendaraan). situs Poker Online
  • Setelah pedagang meluangkan kelengkapan dokumen, periksa terlebih dahulu BPKB mobil. Pastikan semua pengabsahan dari Polda (Polisi Daerah) ialah asli. Biasanya ada cap dan tanda tangan sah di dalam BPKB. Warna cap dan tanda tangan asli bakal mempunyai perbedaan tampilan. Halaman yang tercantum di pengabsahan tersebut disertai hologram. Cara mengecek kemurnian halaman berhologram dengan membubuhkan halaman itu di bawah cahaya terang, laksana sinar matahari. BPKB asli bakal terlihat garis-garis halus dari hologram yang menyatu dengan kertas.
  • Setelah mengecek kemurnian BPKB, beralihlah ke periksa STNK asli. Yang tentunya mengindikasikan keaslian ialah informasi mengenai mobil cocok dengan kenyataan. Mulai dari jenis kendaraan, merek, warna, kapasitas mesin, hingga nomor polisinya. Biasanya pun ada hologram di STNK beserta cap dan tanda tangan pengesahan. Keaslian tinta dapat disaksikan secara kasat mata sama dengan BPKB.
  • Periksa Noka (Nomor Rangka) mobil apakah sama dengan yang tercantum di BPKB dan STNK atau tidak. Bagi mengetahuinya, anda harus membuka kap mesin. Setiap mobil punya letak nomor rangka yang berbeda. Tapi, tak jarang nomor rangkanya telah terlihat di atas bumper depan.
  • Periksa Nosi (Nomor Mesin) mobil yang pun harus sama dengan di BPKB dan STNK. Sama dengan Noka, nomor pun mempunyai letak yang bertolak belakang pada tiap mobil. Tapi, anda masih harus mengusung kap mesin dan menyimak dengan teliti kesamaannya.
  • Jangan terburu-buru membayar andai semua tahapan di atas telah dilakukan. Kita mesti tetap lebih detail mengerjakan seleksi dokumen mobil. Cobalah guna meminta penjaja di showroom mengantar ke SAMSAT terdekat dan memeriksa apakah BPKB dan STNK mobil pribumi atau tidak.
  • Jika showroom tidak dapat memperlihatkan dokumen-dokumen aslinya sebagaimana kami sebut di atas, tetap mohon fotokopinya. Lewat fotokopi, kita pun tetap dapat mengecek di SAMSAT kemurnian dokumen kendaraan.
  • Tidak berhenti hingga tahu dokumen pribumi mobil, sebagai pembeli mesti lebih jelas menciptakan perjanjian transaksi. Biasanya lokasi jual mobil terpercaya telah menyiapkan ini semua. Jikalau belum, buatlah surat perjanjian jual-beli otomotif yang disertai materai. Ini untuk menciptakan kekuatan hukum dan menghindarkan kerugian antara kedua belah pihak. Jangan lupa guna menyertakan fotokopi kartu identitas penjual. situs Poker Online

BPKB Online

Selanjutnya, untuk Anda yang berkeinginan mengurus peralihan nama BPKB atau penerbitan baru, sekarang sudah terdapat layanan BPKB online dari kepolisian. Untuk Anda yang bermukim di distrik Jabodetabek misalnya, semenjak November 2017 lalu, layanan periksa BPKB online sudah diresmikan oleh Polda Metro Jaya dan bisa diakses melewati http://bpkb.net. Layanan ini adalahhasil kerja sama Ditlantas dengan Dukcapil, Agen Pemegang Merek (APM) dan lembaga pembiayaan, yang ditujukan guna mempercepat dan memudahkan proses evolusi atau penggantian kepemilikan BPKB.

Hal yang sama pun berlaku di distrik Jawa Tengah dengan diluncurkannya software SiBejo pada masa-masa yang sama. Aplikasi ini dapat didownload melalui mobil188 e-link, yang tidak melulu dapat melayani penerbitan BPKB dan STNK, tetapi Anda pun dapat mengerjakan cek jasmani secara online.

Layanan dan teknik cek BPKB secara online di atas pasti akan semakin mempermudah Anda dalam mengurus BPKB dan STNK ketika dibutuhkan. Dengan begitu, Anda juga tidak butuh repot mesti memikirkan proses pengurusan yang ribet sampai-sampai Anda dapat mengerjakan transaksi mobil dengan lebih nyaman.