Berita Peternakan Kambing Domba

situs bola resmi

Please follow & like us :)

Berita Peternakan Kambing Domba

Berita Peternakan Domba Kambing

ONLINEBERITA.com ⚫🔴 Update Berita Pilihan Breaking News Setiap Hari Seputar Topik Artikel Bisnis Budidaya Peternakan Kambing dan Domba Kandang Pakan Harga Terbaru Terkini

Bisnis Domba Kambing di Tengah Pandemi

Berita Peternakan – Selama ini kesan sebagian orang terhadap Ternak Domba dan Ternak Kambing adalah binatang yang memiliki tingkat kebauan tinggi. Maka tidak heran jika banyak orang menghindari bau Domba dan Kambing.

Memang benar adanya, dan tidak bisa dibantah binatang ini memiliki bau yang sangat khas. Namun, selain bau dari segi fisiknya, Hewan Domba Kambing ternyata sangat harum dari segi bisnis. Inilah yang diakui seorang Peternak Domba Kambing muda asal 99 Bandar, Mahir Sakongkiu.

Sakongkiu bercerita, bisnis domba kambing bisa membuatnya menjadi seorang pengusaha sukses dan dikenal sebagai juragan kambing di Indonesia. Padahal, awalnya ia terjun di bisnis domba kambing hanya bermodalkan Rp200.000.

Saat masih sekolah di bangku SMP di Pasuruan, Jawa Timur, pria kelahiran 1980-an ini mulai berjualan daging dari rumah ke rumah. Ia belanja kambing di pasar dan memotongnya untuk dijual eceran.

Berita Ternak – Perlahan, ia mengajak seorang temannya, Masterkiu yang hampir putus sekolah karena tidak ada biaya. Sakongkiu mengajak Masterkiu sebagai rekan dagang. Duet dua bocah SMP ini cukup berkembang dalam berjualan daging. Hingga keduanya memiliki toko daging saat beranjak ke SMA.

Merasa bisnis dagingnya terus berkembang, Sakongkiu berencana mengepakan sayap bisnisnya menjadi seorang peternak. Ide itu sempat dipatahkan oleh Masterkiu lantaran penjualan daging kambing terus meningkat sehingga merasa tidak perlu lagi untuk menjadi peternak.

“Tapi saya akhirnya pecah kongsi. Teman saya tetap bisnis daging kambing sementara saya mulai terjun menjadi peternak. Saat itu modal yang saya punya sekitar Rp15 juta,” paparnya.

Titik balik Sakongkiu menjadi seorang peternak domba dan kambing sukses mulai terlihat. Ia terus mencari tahu bagaimana cara beternak dan memasarkan kambing yang baik dan benar. Singkat cerita, ia mulai banyak memasok domba dan kambing ke pemerintah untuk program bantuan sosial sekitar tahun 2003. Kemudian berlanjut menerima tawaran ekspor ke Malaysia hingga ratusan ekor dengan nilai ratusan juta.

“Di sinilah tantangan bisnis saya diuji. Ternyata saya kena tipu ratusan juta saat ekspor kambing ke Malaysia. Buyer hingga saat ini tidak membayar. Saya rugi banyak hingga berhutang ke sana ke mari,” paparnya.

Sakongkiu sadar, jatuh bangun dalam berbisnis adalah hal biasa. Ia mulai kembali bangkit dan menata kembali bisnis domba kambingnya dengan evaluasi yang matang. Perlahan, ia kembali mendapat proyek ekspor ke Malaysia dengan pembeli yang jelas. Di sinilah usahanya terus tumbuh dan berkembang hingga memutuskan untuk serius membesarkan kandangnya di Kampung Pkv Games, Bandar 99, Kabupaten Poker QQ Domino dengan luas lahan QQ 99 hektar.

Berita Peternakan Kambing

Klasifikasi Spesies Domba Kambing

Domba atau biri-biri (Ovis) adalah salah satu ruminansia berkaki empat dengan rambut tebal yang dikenal oleh banyak orang. Domba adalah salah satu jenis hewan pertama yang dijinakkan untuk keperluan agrikultural dan dipelihara untuk dimanfaatkan rambut (disebut wol), daging, dan susunya. Jenis domba yang paling dikenal orang adalah domba peliharaan (Ovis aries), yang diduga keturunan dari moufflon liar dari Asia Tengah bagian Selatan dan Barat Daya. Untuk tipe lain dari domba dan kerabat dekatnya, lihat kambing antilop. Domba berbeda dengan kambing.

Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) merupakan salah satu subspesies KAMBING yang dipelihara atau dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur. Kambing merupakan anggota dari keluarga Bovidae dan bersaudara dengan biri-biri karena keduanya tergolong dalam sub famili Caprinae. Terdapat lebih 300 jenis kambing yang berbeda-beda. Kambing adalah salah satu di antara spesies yang paling lama di ternakkan, yaitu untuk susu, daging, bulu, dan kulit di seluruh dunia

Menjadi hewan penting dalam riwayat pertanian, domba mendapat tempat khusus dalam budaya manusia yang selanjutnya terkandung dalam bahasa modern dan simbologi. Domba tercantum dalam banyak mitologi—seperti Bulu Domba Emas—dan agama-agama besar, khususnya tradisi agama Abrahamik. Dalam ritual keagamaan kuno dan modern, domba digunakan sebagai hewan persembahan.

  • Argali, Ovis ammon
  • Domba peliharaan, Ovis aries
  • Bighorn Sheep, Ovis canadensis
  • Thinhorn Sheep, Ovis dalli
  • Mouflon, Ovis musimon
  • Domba salju, Ovis nivicola
  • Urial, Ovis orientalis

Domba Kambing dipelihara dalam kawannya di ladang, kandang, kandang terbuka, atau di dalam gudang pertanian. Rambut Domba Kambing dapat dengan mudah lembap akibat udara yang basah dan berangin. Domba Kambing dan kandangnya harus berada dalam kondisi kering selama dua hari sebelum pencukuran wool.

Domba Kambing membutuhkan air yang bersih yang mengalir melalui bak penampungan air minum maupun dari kolam. Segera setelah selesai masa menyusui, Domba Kambing muda diberikan jerami, rumput, dan biji-bijian sebagai makanannya. Domba Kambing juga merupakan hewan gembala yang cukup aktif dan sering kali dipelihara secara jelajah bebas untuk mencegah stress yang mampu mempengaruhi kualitas wool. Domba Kambing paling nyaman berada pada temperatur iklim sedang, sehingga pengaturan kondisi udara diperlukan di dalam kandang ketika cuaca panas.

event judi bola terbaik

Related Posts